Mengenal Aplikasi untuk Handpone Anda

File aplikasi yang disupport Handphone. Pernah ngalamin download file aplikasi buat hp? Eh taunya gak bisa dijalanin di HP? mungkin karena jenis aplikasi tersebut gak di support oleh handphone nya.

Nah kale ini ane mo ngebahas trik tentang mengenali sebuah aplikasi di support atau tidak oleh handphone tersebut. Trik kuno khusus buat para newbie yang belum paham tentang mengenali jenis file aplikasi buat handphone.

Pertama, kenali dulu HP yang anda pegang, apakah bersistem operasi symbian, java, android, atau iOS. terus baca buku manualnya, apakah handphone ente support penambahan aplikasi pihak ke 3 (beberapa HP made in lokal tidak bisa ditambahi aplikasi luar, jadi hanya bisa pake aplikasi built-in).

sesudah mengenali hp yang anda pegang, baru sekarang kenali jenis file aplikasi yang di support oleh handphone tersebut.


nama ekstensi file aplikasi android | nama ekstensi file aplikasi symbian | nama ekstensi file aplikasi java | nama ekstensi file aplikasi blackberry | nama ekstensi file aplikasi apple iphone ios

HP dengan OS Symbian.

Aplikasi buat hp symbian memiliki ekstensi .sis (misal : namafile.sis). tapi perlu di ingat, symbian memiliki beberapa versi, jadi untuk mengetahui sis yang di download itu support ato tidak, ada 2 cara, di install trus di coba jalan ato ga, atau dengan mencari informasi di google mengenai file yang di download tersebut. Perlu di ingat, Symbian juga support aplikasi berbasis JAVA (.jar)


HP dengan Platform JAVA.
ciri-ciri file yang didukung oleh hp java ini adalah nama file nya berektensi .jar (misal : ebuddy6-001.jar), dan hp java memang hanya support aplikasi yang memiliki ekstensi .jar saja. .JAR juga bisa di install di HP Symbian


Handphone Android

nah, kalo android memiliki ekstensi file unik sendiri, yaitu berakhiran .apk
jadi kalo agan download file yang belakangnya ada .apk (misal paradiseisland.apk) bisa dipastikan file tersebut hanya bisa di install di hp yang memakai OS Android. Android juga support aplikasi untuk platform java ( .jar)


Nah, untuk Blackberry maupun Iphone (iOS) ane belum nemu referensi buat file aplikasi tersebut. Mudah-mudahan kedepan ane update artikel ini buat nambahin informasinya. :D

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails